8 Cara Termudah Mendapatkan Modal Bisnis (Pilihan Ditanganmu)

Cara Termudah Mendapatkan Modal Bisnis

Mendapatkan Modal Bisnis – Menjadi seorang bisnismen atau pengusaha adalah dambaan setiap orang. Hampir semua orang memiliki keinginan untuk menjadi seorang pengusaha atau pebisnis, namun tidak sedikit yang berani mencoba untuk mewujudkan mimpinya.

Faktor utama yang dianggap paling sulit untuk dipecahkan ketika akan memulai sebuah bisnis adalah urusan modal atau finansial. Kebanyakan orang merasa dirinya tidak memiliki modal untuk memulai usaha yang didambakannya. Sehingga cita-cita menjadi seorang pengusaha hanya terwujud di angan saja.

Padahal, jika kamu memiliki banyak uang, apakah kamu sanggup mengelolanya dan mewujudkan uang tersebut menjadi sebuah kerajaan bisnis? Harap dicatat, bahwa modal adalah nomor sekian dalam urusan bisnis, yang paling utama adalah marketnya dulu. Kalau Kamu sudah punya market atau punya konsumen yang jelas, terukur, maka mendapatkan modal adalah sesuatu yang mudah.

Oke, jika kamu masih berpikir bahwa Kamu sudah memiliki segala rencana bisnis namun kendala yang masih belum terpecahkan adalah urusan modal. Maka mari kita bahas beberapa cara berikut yang berguna untuk mendapatkan modal bisnis atau usaha.

1. Pinjam Modal dari Bank

Cara pertama adalah meminjam modal bisnis dari bank. Bank memiliki banyak jenis pinjaman yang bisa Kamu gunakan untuk memulai bisnis Kamu sendiri, seperti kredit multi guna (KMG) atau lainnya. Banyak orang lebih suka menggunakan bank untuk mendapatkan modal bisnisnya, hal ini karena jika Kamu bisa menyicil bulanan bank, maka itu adalah indikator termudah bahwa usaha Kamu berjalan dengan baik.

Pastikan bahwa Kamu memiliki perhitungan yang matang sebelum mengajukan pinjaman. Banyak kasus ternyata orang yang meminjam di bank memiliki sisa lebih yang terlalu banyak atau sebaliknya, modal terlalu sedikit. Jika uang modal yang didapat terlalu banyak, ini berbahaya karena Kamu bisa bingung dalam menggunakan dana tersebut agar produktif dan cicilan bank jadi terlalu tinggi, dan bila modal terlalu sedikit maka bisnis Kamu tidak akan berjalan maksimal.

 

2. Menggunakan Tabungan Pribadi

Jika masih merasa bahwa bisnis yang Kamu rencanakan membutuhkan modal yang cukup kecil dan Kamu memiliki simpanan tabungan, maka menggunakan tabungan Kamu untuk memulai bisnis adalah pilihan yang tepat.

Jika Kamu menggunakan modal dari tabungan Kamu sendiri, maka biarpun pendapatan dari bisnis Kamu masih kecil tapi Kamu tidak khawatir karena tidak memiliki setoran bank. Hal ini akan membuat Kamu rileks dalam menjalankan bisnis, tapi jangan terlena dan mengesampingkan target pendapatan bulanan dan tahunan dari bisnismu ini.

 

3. Menjual Aset yang Kamu Miliki

Cara ketiga dapat digunakan jika Kamu memiliki aset namun tidak memiliki uang tabungan. Maka Kamu bisa menjual aset yang dimiliki. Cara ini efektif jika aset yang Kamu miliki adalah aset non produktif. Misal: Mobil, motor, laptop atau sejenisnya. Tapi jika aset Kamu adalah: Tanah, Rumah, Saham atau hal sejenis maka saya tidak rekomendasikan cara ini, Meskipun hal tersebut bukan aset produktif alias aset diam tetapi diamnya mereka akan menaikan nilai tiap rentang waktunya.

Jika aset yang Kamu miliki adalah mobil, sementara Kamu masih sendiri dan masih memiliki motor, sudah jual saja dan lupakan gengsi. Bangun bisnis dulu dan Kamu akan mendapatkan mobil yang lebih baik dan lebih dari satu jika bisnismu sukses. Ingat!! Memelihara gengsi tidak ada untungnya, lebih baik pelihara kambing, bisa tambah gemuk dan menghasilkan.

 

4. Menggadaikan Aset Kamu

 

Menyambung dari poin ke tiga di atas. Jika aset-aset Kamu terlalu berharga untuk di jual, maka solusi lain yang bisa ditempuh adalah dengan cara menggadaikannya. Kamu bisa gadaikan sertifikat aset Kamu di pegadaian atau di tempat lain, seperti gadai ke teman Kamu sendiri misalnya.

Cara ini akan membuat Kamu mendapatkan modal untuk memulai bisnis sekaligus Kamu tidak takut aset Kamu hilang, tentu jika Kamu bisa menebusnya.

 

5. Mencari Investor

Cara kelima ini salah satu cara terpopuler dan harapan setiap pebisnis dalam membangun bisnisnya. Tapi jika Kamu masih pemula dan tanpa pengalaman sebelumnya dalam mengelola bisnis maka cara ini akan susah ditempuh. Cara ini sepertinya memang lebih tepat jika Kamu sudah memulai bisnis, dan bisnis Kamu memiliki prospek yang sangat baik dan butuh dikembangkan namun Kamu terkendala masalah modal

Meskipun susah tapi bukan hal yang mustahil untuk mendapatkan investor. Mungkin Kamu memiliki kenalan atau kolega yang sangat percaya dengan Kamu sehingga dia bisa menjadi investor usahamu. Atau Kamu bisa ajak orang tuamu atau saudara sebagai investor. Banyak yang lupa jika dikasih modal dari orang tua adalah sebuah pemberian, tapi jika Kamu menganggap orang tua sebagai investor maka Kamu sudah memiliki langkah yang hebat agar kesuksesan menjemput dimasa depan.

 

6. Meminjam dari Kerabat atau Kolega

Jika Kamu memiliki tinggat kepercayaan yang tinggi dilingkungan kerabat atau pertemanan Kamu. maka Kamu bisa meminjam modal dari mereka. Cara ini mudah dan minim resiko finansial dan tentunya tidak ada bunganya, tetapi perlu dipertimbangkan bahwa meminjam dari kerabat kadang jumlahnya tidak banyak dan beresiko besar dalam hubungan baik Kamu dengan mereka.

 

7. Modal dari Penjual atau Pembeli

Apa bisa modal dari penjual atau pembeli? Ya tentu bisa banget dong. Misal Kamu memiliki kenalan dan ingin menjualkan tanahnya. Itu berarti Kamu sudah mendapatkan modal tanah untuk dijual, artinya penjual memberikan Kamu modal dagangan. Kalau yang dari pembeli seperti: Kamu disuruh mencari tanah, do’i punya uang 1 miliar, berarti Kamu memiliki modal 1 miliar, tinggal cari penjual tanahnya yang konsumen cocok.

 

8. Modal Join Venture

Cara ini bisa Kamu lakukan untuk menambah modal dalam memulai bisnis. Jika Kamu membutuhkan modal cukup besar maka ajaklah kerabat atau kolega untuk bersama-sama membangun bisnisnya. Jangan lupa bikin kontrak yang jelas tentang pembagian modal, penghasilan, peran serta kerugian.

Portofolio diri Kamu dibutuhkan untuk dapat menggaet join bisnis. Jika Kamu memiliki portofolio yang bagus, maka cara ini akan mudah untuk Kamu lakukan, dan banyak orang yang akan bersedia join bisnis denganmu.

 

Itulah cara 8 cara paling mudah yang bisa Kamu lakukan dalam upaya mencari modal untuk memulai bisnis Kamu. Menjadi seorang pebisnis sukses memiliki rumus pasti untuk mendapatkan kesuksesannya, yakni mereka berani mencoba. Jika Kamu tidak berani untuk melangkah dan mencoba memulai maka menjadi seorang pebisnis adalah impian semu yang sampai kapanpun tidak akan pernah tercapai dalam hidup Kamu.

Jangan lupa, bahwa market atau pasar adalah hal yang paling utama. Jangan terlalu terlena dalam urusan modal bisnis. Modal besar tidak menjamin Kamu sukses, pun sebaliknya modal kecil bukan menjamin penghasilan Kamu kecil. Market yang besar adalah kunci untuk meningkatkan penjualan Kamu dari waktu ke waktu. Jika market “oke” maka perkembangan bisnis Kamu memiliki peluang besar untuk menjadi “OKE”.

Semoga kesuksesan dapat Kamu raih dengan mudah, dan semoga 8 Cara Termudah Mendapatkan Modal Usaha ini dapat membantu untuk menuju kesuksesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.