Mengenal dan Memilih Kampus Terbaik Jurusan Arsitektur di Indonesia

Mengenal dan Memilih Kampus Terbaik Jurusan Arsitektur di Indonesia

Bagi calon mahasiswa yang sedang mencari jurusan kuliah di bidang desain atau teknik, Jurusan arsitektur mungkin bisa menjadi pilihan. Selain memiliki prospek karir yang sangat menjanjikan, jurusan arsitektur juga sangat dibutuhkan. Untuk itu, pemilihan kampus terbaik jurusan Arsitektur adalah hal yang harus diprioritaskan.

Apa itu Arsitektur?

Arsitektur adalah istilah umum untuk menggambarkan bangunan dan struktur fisik lainnya, atau seni dan ilmu desain bangunan, termasuk desain dan metode konstruksinya.

Mempelajari Arsitektur akan memberi Anda pemahaman dan apresiasi menyeluruh tentang struktur tempat kita hidup saat ini. Tetapi itu juga akan memungkinkan Anda melihat ke masa depan desain dan bagaimana ide dapat dibuat dan diimplementasikan. Memilih kampus terbaik jurusan Arsitektur merupakan hal yang sangat penting bagi calon mahasiswa yang berminat kuliah di jurusan Arsitektur.

 

Mengapa Kuliah di Jurusan Arsitektur?

Menjadi seorang arsitek dan Anda bisa mengubah wajah dunia buatan manusia. Ini adalah profesi yang menantang, tetapi melihat proyek Anda menjadi nyata bisa sangat bermanfaat.

Karena mereka menggabungkan kerajinan praktis dan teori sejarah, gelar Arsitektur adalah perpaduan sempurna antara seni dan sains. Ini bisa menjadi jalur karir yang ideal jika Anda menikmati cara kerja kreatif dan akademis.

Banyak Arsitektur diajarkan tidak di dalam kelas tetapi melalui keluar dan mendapatkan inspirasi. Akan ada kunjungan lapangan, Tanya Jawab dan bahkan setahun di luar negeri. Selain pengalaman langsung, Anda akan mempelajari sejarah pembuatannya, biasanya melihat beberapa kota terbesar di dunia seperti Paris, London, dan Barcelona.

Mempelajari Arsitektur melibatkan banyak kerja tim, di mana Anda akan sering mendapati diri Anda berada di tengah-tengah proyek kelompok yang harus mengoordinasikan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Itu tidak mudah, tetapi itu membantu mengembangkan keterampilan yang dapat ditransfer dalam empati, pemahaman, delegasi, komunikasi, dan kepemimpinan.

Mempelajari Arsitektur langsung di kampus terbaik jurusan Arsitektur akan sangat mendukung karir di masa depan.

 

Apa yang Dipelajari di Jurusan Arsitektur ?

Kurikulum mencakup dua siklus pengembangan. Siklus pertama enam semester memberikan landasan dalam memahami arsitektur, diakhiri dengan studi integratif setelah dua tahun kerja pengantar. Siklus kedua, empat semester, memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi banyak aspek arsitektur dan mengembangkan kekuatan dan minat individu. Selama periode ini, proyek studio desain yang komprehensif dilakukan pada musim gugur tahun kelima. Musim semi tahun kelima (dan terakhir) memuncak dalam pengembangan proyek bangunan yang komprehensif dalam konteks kursus praktik profesional, ditambah dengan studio desain penelitian yang diambil sesuai dengan minat siswa.

1. Desain Dasar

Prinsip dasar desain, menciptakan kosakata visual melalui latihan 2 dan 3 dimensi, elemen desain dan karakteristiknya, prinsip desain, masalah untuk meningkatkan keterampilan mental dan manual siswa, penekanan pada kreativitas, dan berpikir kritis.

2. Komunikasi Grafis

Alat dasar komunikasi grafis, prinsip ortografi, aksonometri dan gambar perspektif, pengantar berbagai metode presentasi grafis.

3. Pengantar Desain

Pengembangan latar belakang konseptual untuk desain dengan memperkenalkan definisi desain yang inklusif, kosakata dasarnya, elemen, prinsip, aspek organisasi, dan proses desain.

4. Matematika dan Geometri untuk Desainer

Ekspresi aljabar, persamaan dan pertidaksamaan. Hubungan dan fungsi, Fungsi kuadrat. Fungsi trigonometri, identitas dan persamaan trigonometri, aplikasi trigonometri. Vektor dan aplikasinya, persamaan kutub. Matriks dan determinan, solusi dari sistem persamaan linier. Geometri analitik; parabola, elips, hiperbola, bagian kerucut, permukaan kuadrat.

5. Pengantar Teknologi Desain

Integrasi pemikiran desain dengan struktur dan teknologi yang sesuai; sejarah teknologi desain, logika struktural, bentuk, struktur dan material, aspek berkelanjutan dan inovatif dari teknologi desain.

6. Desain Arsitektur

Mata kuliah ini dirancang untuk mengembangkan pemahaman tentang bentuk, fungsi, dan hubungan ruang melalui proyek-proyek dengan kompleksitas terbatas. Masukan struktural minimal tidak membatasi kreativitas siswa. Penekanan pada keseluruhan proses desain arsitektur termasuk situs, survei literatur, diagram fungsional dan konsep program, ergonomi faktor manusia dan sosial.

7. Masalah Ekologis dalam Arsitektur

Mata kuliah inti menjanjikan untuk menjadi komponen penting dalam membuka jalan menuju pendidikan arsitektur yang peka terhadap lingkungan dengan tujuan memberikan siswa arsitektur kepekaan dan pemahaman tentang proses alam yang membentuk lingkungan sosial, budaya dan alam kita. Kursus ini berfokus pada prinsip dan konsep desain ekologi dasar pada dua skala – situs / bangunan skala kecil dan skala yang lebih besar yang terdiri dari pengembangan kawasan perkotaan atau cluster, dan memaparkan siswa pada pengetahuan konvensional dan teknologi terbaru yang tersedia.

8. Sejarah dan Teori Arsitektur

Pertama dalam rangkaian mata kuliah survei tentang sejarah arsitektur dan seni dunia, mencakup periode dari zaman prasejarah hingga akhir abad pertengahan, yang dirancang khusus untuk mahasiswa Arsitektur. Fokus, pada perspektif teoritis sekaligus historis. Bagian pertama dari kursus ini membahas evolusi arsitektur dan seni dari prasejarah hingga akhir dunia pagan; kedua, dengan arsitektur berkembang di Barat dan Timur dengan munculnya agama-agama Kristen dan Islam hingga akhir abad pertengahan. Semua tema dan genre utama arsitektur dan seni yang akan dibahas: arsitektur religius dan sekuler, seni dekoratif, dan seni tradisional seperti kaligrafi dalam hubungannya dengan Arsitektur dan desain.

9. Pengantar Tektonik Sistem Struktural

Sebuah mata kuliah yang bertujuan untuk mengeksplorasi konsep tentang penyelidikan makna arsitektur struktur. Studi tentang terminologi dasar dan klasifikasi sistem struktural dalam kaitannya dengan konsep tektonik dalam arsitektur. Tektonik dari semua struktur tahan-bentuk, struktur lentur dan pasangan bata melalui satu studi kasus yang berhasil untuk setiap sisem.

10. Konstruksi dan Material Arsitektur

Tektonik bangunan, yang memiliki semua jenis pasangan bata (batu bata, batu, kayu; dengan atau tanpa balok pengikat) dan beberapa jenis struktur kerangka dasar, dan karakteristik konstruksinya. Semua metode konstruksi yang mungkin untuk struktur ini; kemungkinan dinding pengisi dan metode konstruksinya; konstruksi sistem kelongsong yang mungkin, yang digunakan dengan sistem ini; beberapa contoh finishing yang digunakan pada jenis bangunan ini.

11. Computer Aided Desain (CAD)

Kursus yang memperkenalkan siswa pada prinsip-prinsip CAD, teori dan metode yang mendasari CAD, dan aplikasi utamanya dalam praktik – menghasilkan, mengevaluasi, memodelkan, menyusun, dan memberikan solusi desain.

12. Tektonik dari Struktur Lentur

Kursus yang mencakup hubungan antara perilaku struktural, bentuk, metode konstruksi, dan tektonik untuk struktur lentur, melalui studi kasus yang berhasil. Sejarah penyangga dan sambungan dalam arsitektur, tiga persamaan kesetimbangan, jenis tegangan dan gaya internal dalam kaitannya dengan bentuk yang dibelokkan dan dengan bantuan model. Analisis perkiraan dan desain rangka yang ada dan rangka sederhana yang paralel dengan diskusi tektonik detailnya.

13. Masalah Energi dan Lingkungan dalam Desain

Mata kuliah untuk mempelajari faktor lingkungan yang mempengaruhi desain arsitektur. Masalah iklim, pencahayaan dan akustik terkait dengan masalah energi dan kenyamanan pengguna. Elemen iklim, klasifikasi iklim untuk keperluan arsitektural, proses termal tubuh manusia, indeks kenyamanan termal, proses termal bangunan. Berbagai metode pengendalian iklim dalam gedung: termal, matahari, kondensasi, kontrol wi nd dan ventilasi alami.

14. Teori Urban Desain

Kursus pengantar tentang pemahaman dasar tentang masalah desain perkotaan, secara umum dan dalam perspektif sejarah. Kursus ini bertujuan untuk memperkenalkan teori dan metode desain perkotaan sebagai disiplin ilmu yang terintegrasi dengan arsitektur. Memilih kampus terbaik jurusan Arsitektur akan membuat kualitas belajar mahasiswa lebih baik karena di dukung oleh dosen yang profesional dan sarana yang lengkap.

 

Kampus Terbaik Jurusan Arsitektur

Berikut adalah beberapa kampus terbaik jurusan Arsitektur di Indonesia yang memiliki nilai akreditasi A dari BAN-PT :

  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Kristen Indonesia
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Sam Ratulangi
  • Universitas Sumatera Utara
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Pancasila
  • Universitas Udayana
  • Universitas Bina Nusantara
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Universitas Tarumanagara

 

Demikianlah informasi tentang kampus terbaik jurusan Arsitektur, semoga bisa menjadi bahan referensi bagi Anda yang berminat untuk kuliah di jurusan Arsitektur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.