Mengenal dan Memilih Kampus Terbaik Jurusan Teknik Sipil di Indonesia

Mengenal dan Memilih 1 Kampus Terbaik Jurusan Teknik Sipil

Teknik sipil bertanggung jawab untuk memelihara infrastruktur masyarakat. Insinyur sipil memastikan konstruksi, pengoperasian, dan pemeliharaan struktur yang aman, seperti jalan, jembatan, gedung, dan bendungan. Karena pentingnya tugas mereka, teknik sipil memiliki persyaratan pendidikan dan keterampilan tertentu. Untuk itu, sangat penting untuk kuliah di kampus terbaik jurusan teknik sipil.

Apa yang Dilakukan Insinyur Sipil?

Bekerja dengan lingkungan alami dan buatan, insinyur sipil bertanggung jawab untuk merancang dan menerapkan rencana untuk berbagai struktur dan jalan raya yang digunakan oleh miliaran orang di seluruh dunia.  Sering bekerja bersama-sama dengan arsitek, perencana kota, dan perancang lanskap, para profesional kreatif ini bertanggung jawab atas banyak aspek kehidupan sehari-hari. Insinyur sipil bekerja merancang sekolah, membantu arus lalu lintas kota dengan lebih baik, struktur kerajinan untuk menyimpan harta yang tak ternilai dan merancang monumen ikonik yang diakui di seluruh dunia.

Insinyur sipil memiliki banyak jabatan dalam peran mereka, mulai dari perancang dan ahli strategi hingga manajer proyek dan pemecah masalah. Sering mengerjakan proyek dari konsepsi hingga penyelesaian, mereka harus mempertahankan pandangan lensa lebar dan perhatian terhadap detail.

Sangat penting untuk memilih kampus terbaik jurusan teknik sipil, agar dapat menjadi lulusan yang berkualitas.

 

Apa yang Dipelajari di Jurusan Teknik Sipil

Gelar sarjana teknik sipil adalah persyaratan minimum bagi mereka yang tertarik menjadi insinyur sipil. Banyak perusahaan mencari pelamar yang memiliki gelar sarjana terlepas dari persyaratan perizinan. Gelar ini dapat diselesaikan dalam waktu sekitar empat tahun. Mata Kuliah yang diharapkan dapat diikuti oleh siswa baru dalam program sarjana teknik sipil meliputi:

1. Pengantar Survei

Siswa akan menerima gambaran dasar tentang alat, teori dan teknik yang terlibat dalam survei tanah.

2. Program Komputer untuk Teknik Sipil

Siswa akan dilatih tentang aplikasi komputer yang biasa digunakan oleh insinyur dan teknisi sipil.

3. Teknik Jalan

Di kelas ini, prinsip dasar desain dan konstruksi jalan raya akan dijelaskan.

4. Perilaku Tanah

Karakteristik tanah dibahas dalam kursus ini. Siswa akan mengenal sifat tanah dan bagaimana sifat-sifat tersebut mempengaruhi konstruksi.

5. Mekanika Fluida

Siswa akan mempelajari prinsip-prinsip perilaku fluida, seperti bagaimana mereka bertindak dalam pengaturan tertentu, seperti pipa.

6. Kalkulus Lanjutan

Konsep matematika yang lebih kompleks akan dibahas, seperti persamaan parametrik, urutan tak hingga, dan vektor.

7. Sifat Bahan

Siswa akan memeriksa bagaimana bahan yang berbeda bertindak dengan berbagai cara berdasarkan parameter tertentu dan gaya luar yang ditempatkan pada bahan tersebut.

8. Ekonomi Teknik

Siswa akan belajar menyeimbangkan solusi yang berbeda untuk masalah teknik tertentu berdasarkan kendala waktu dan keuangan.

Semua mata kuliah diatasi akan lebih mudah dipelajari mahasiswa yang kuliah di kampus terbaik jurusan teknik sipil.

 

Keterampilan yang akan Dimiliki

Selain menyeimbangkan minat praktis dan kreatif, insinyur sipil memiliki berbagai keterampilan yang membantu mereka memahami ruang tempat mereka bekerja dan cara menerjemahkan keinginan klien mereka ke dalam struktur atau jalan yang layak. Beberapa keterampilan yang paling sering dicari meliputi:

1. Pengambilan Keputusan

Karena insinyur sipil mengawasi proyek selama masa hidup mereka, mereka dituntut untuk membuat keputusan yang tak terhitung jumlahnya di sepanjang jalan.  Ini dapat berkisar dari pilihan besar berdasarkan pengalaman bertahun-tahun hingga keputusan tentang gagang pintu.  Insinyur sipil terbaik dapat memutuskan dengan cepat dan percaya diri.

2. Berpikir Matematika

Meskipun perangkat lunak dan teknologi semakin banyak digunakan selama proses desain dan perencanaan, insinyur sipil masih membutuhkan pemahaman menyeluruh tentang berbagai jenis matematika. Yang paling umum digunakan termasuk kalkulus, geometri dan trigonometri.

3. Penyelesaian Masalah

Saat melakukan proyek besar apa pun, tidak semuanya akan berjalan sempurna. Baik bekerja dengan batasan zonasi, pengaturan alami, atau keinginan klien, teknisi sipil harus mampu mengatasi masalah yang mereka hadapi dan menemukan solusi yang konstruktif.

4. Organisasi

Selain bekerja bersama profesional lain dalam proyek, insinyur sipil juga sering mengawasi kontraktor dan buruh. Mampu menjaga sejumlah bola di udara dan memastikan semua orang tahu apa yang mereka lakukan adalah inti dari kesuksesan sebuah proyek.

Semua keterampilan tersebut akan didapat dengan kuliah di kampus terbaik jurusan teknik sipil.

 

Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil

Infrastruktur yang menua, membutuhkan perbaikan dan pembangunan kembali. Populasi yang berkembang membutuhkan sistem air baru, pabrik pengolahan limbah, jalan raya, dan perumahan. Meningkatnya proyek energi terbarukan, yang membutuhkan para insinyur untuk memastikan semua mandat baru diikuti. Berikut adalah beberapa prospek kerja lulusan jurusan teknik sipil :

1. Manajer Konstruksi

Apakah berhubungan dengan insinyur sipil dan arsitek atau mengawasi kru perumus, tukang batu, tukang ledeng dan tukang atap, manajer konstruksi memiliki banyak tanggung jawab.  Lokasi kerja dapat berkisar dari properti hunian hingga kantor pusat perusahaan berskala besar, yang menawarkan banyak variasi.

2. Penaksir Biaya atau Estimator

Penaksir biaya sering bekerja sama dengan para profesional di perusahaan konstruksi untuk memberikan perkiraan tentang bahan, tenaga kerja, waktu dan uang yang dibutuhkan untuk berbagai proyek.  Mereka mungkin mengkhususkan diri dalam bidang tertentu, seperti manufaktur, konstruksi, atau layanan profesional.

3. Spesialis Manajemen Risiko

Para profesional ini biasanya memfokuskan pengetahuan mereka pada bidang tertentu, seperti konstruksi, keamanan, keuangan, atau proses industri. Mereka yang bekerja di konstruksi mengawasi lokasi bangunan untuk memastikan semua tindakan keselamatan diketahui dan dilindungi.

4. Ahli Hidrologi

Insinyur sipil terkadang bekerja dengan ahli hidrologi dalam proyek-proyek yang memasukkan faktor air bawah tanah dan permukaan ke dalam rencana desain. Para profesional ini memahami seluk beluk curah hujan, banjir, gelombang besar, dan erosi tanah.

5. Inspektur Konstruksi dan Bangunan.

Baik bekerja dengan calon pembeli untuk memastikan apakah suatu properti potensial baik dan sesuai dengan kode atau memeriksa bangunan baru untuk memastikannya memenuhi semua persyaratan, inspektur konstruksi dan bangunan memiliki karier yang penuh dengan variasi dan peluang untuk bekerja dengan berbagai jenis struktur dan  klien.

6. Arsitek

Meskipun biasanya berfokus secara eksklusif pada struktur, arsitek dan insinyur sipil sering kali tumpang tindih dalam aktivitas kerja mereka. Mereka bertanggung jawab untuk bertemu dengan klien untuk memastikan kebutuhan mereka, membuat desain berdasarkan permintaan menghasilkan draf dan cetak biru, mengawasi pekerjaan kontraktor bangunan, dan memastikan semua bangunan mematuhi aturan pemerintah.

7. Teknisi Teknik Sipil

Insinyur sipil bekerja bersama untuk merancang struktur dan jalan raya. Para profesional ini tidak memiliki lisensi, tetapi dapat berkontribusi pada proyek dengan cara yang berarti di bawah pengawasan konsultan profesional.  Mereka dapat meninjau cetak biru, memeriksa lokasi proyek, mengevaluasi pekerjaan, meninjau persyaratan pengkodean dan zonasi, dan menghasilkan perkiraan biaya.

8. Arsitek Arsitektur dan Sipil

Arsitek Arsitektur dan Sipil mengambil visi dari seorang insinyur sipil dan mewujudkannya. Para profesional ini menghasilkan sketsa struktur dan jalan raya yang sangat detail dan akurat, menggunakan perangkat lunak pena dan kertas serta desain berbantuan komputer (CAD).  Mereka harus memiliki pengetahuan yang menyeluruh tentang material, prinsip teknik, matematika, dan kode zonasi.

 

Kampus Terbaik Jurusan Teknik Sipil

Kuliah di kampus terbaik jurusan teknik sipil akan sangat mendukung karir di masa depan. Berikut adalah beberapa kampus terbaik jurusan teknik sipil di Indonesia yang memiliki nilai akreditasi A dari BAN-PT :

  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Sebelas Maret
  • Institut Teknologi Sepuluh November
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Andalas
  • Universitas Mercu Buana
  • Universitas Syiah Kuala
  • Universitas Pancasila
  • Universitas Sam Ratulangi
  • Institut Pertanian Bogor
  • Universitas Lampung
  • Universitas Trisakti
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Universitas Islam Indonesia
  • Universitas Bina Nusantara
  • Universitas Sriwijaya
  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Katolik Parahyangan
  • Universitas Kristen Petra
  • Universitas Pelita Harapan
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Tarumanegara

 

Demikianlah informasi tentang kampus terbaik jurusan teknik sipil, semoga bisa menjadi bahan referensi bagi kamu yang beminat untuk melanjutkan kuliah di jurusan teknik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.