4 Manfaat dan 5 Tips untuk Melakukan Blogwalking

4 Manfaat dan 5 Tips untuk Melakukan Blogwalking

Blogwalking merupakan salah satu kegiatan yang sangat populer dilakukan oleh blogger lokal. Tindakan ini biasanya dilakukan dengan mengunjungi blog milik orang lain lalu meninggalkan komentar di halaman tertentu. Selain itu, kamu juga bisa meninggalkan link blog kamu di bagian komentar. Fungsi dari metode seperti ini agar orang lain juga datang mengunjungi blog kamu sehingga membuat jumlah pengunjung semakin meningkat. Cara seperti ini juga akan membantu blog kamu memiliki posisi yang baik dari search engine. Namun, kamu harus ingat bahwa tidak seluruh blog mengijinkan pengunjung meninggalkan pesan atau link khusus. Ini yang membuat kamu bisa mencoba berbagai tips untuk melakukan blogwalking.

Manfaat dari Blogwalking untuk Blogger Pemula

Ada banyak manfaat dari blogwalking yang sering dilakukan para blogger pemula. Metode seperti ini juga dianggap memberikan keuntungan yang cukup besar. Bahkan, kamu juga bisa berinteraksi dengan blogger lainnya yang juga meninggalkan komentar. Namun, metode seperti ini harus dilakukan dengan baik dan tidak berlebihan. Bila blogwalking dilakukan secara berlebihan maka Google akan menganggap bahwa kamu spamming dan berbahaya bagi kelanjutan blog itu. Pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah mengenali berbagai manfaat dari blogwalking ini. Beberapa manfaat penting dari blogwalking seperti:

 

1. Mendapatkan jaringan yang lebih luas

Sebenarnya manfaat ini akan memberikan keuntungan yang baik bagi perkembangan blog kamu. Kamu akan mendapatkan jaringan blogger yang lebih luas. Bahkan, ini memberikan kemudahan bagi kamu untuk terus berkomunikasi kepada pemilik blog untuk jangka waktu yang lebih lama. Biasanya beberapa blog yang melakukan blogwalking akan menjadikan metode ini sebagai sarana untuk mendapatkan informasi dan ilmu baru. Apalagi bila topik dari tulisan yang diangkat di salah satu halaman blog itu sesuai dengan kebutuhan kamu. Tentu saja ini menjadi bagian penting untuk memaksimalkan pengembangan blog sehingga meningkatkan jumlah pengunjung.

 

2. Menjadi inspirasi untuk blog

Manfaat lain yang bisa kamu pertimbangkan adalah menjadikan blog itu sebagai inspirasi. Hal ini bisa saja berkaitan dengan platform yang digunakan, isi konten, tampilan desain dan sistem keamanan dari blog itu. Bahkan, kamu juga bisa belajar banyak untuk melakukan pembaruan atau perubahan dari tampilan yang lebih baik. Kondisi seperti ini juga membantu kamu untuk mendapatkan blog dengan kecepatan loading yang lebih baik. Inspirasi blog ini bisa dijadikan sebagai referensi penting untuk meningkatkan kualitas konten. Cobalah berkomunikasi dari pemilik blog untuk mendapatkan ilmu tambahan dari kualitas konten yang diberikan.

 

3. Mendapatkan kunjungan balasan

Tentu saja manfaat ini sangat dibutuhkan bagi blog kamu. Biasanya para pemilik blog yang sudah mendapatkan komentar kamu akan melakukan kunjungan kembali. Hal ini membuat kamu juga harus memberikan pengaturan khusus pada kolom komentar. Para pengunjung akan meninggalkan komentar sesuai dengan kolom yang telah tersedia. Selain itu, pada bagian kolom itu juga terdapat link blog mereka. Potensi seperti ini akan membuat jumlah pengunjung blog kamu semakin meningkat. Kondisi seperti ini memberikan nilai keuntungan yang besar karena akan mempengaruhi peringkat dari halaman itu di Google. Bahkan, ini juga termasuk dari optimasi yang memberikan pengaruh pada SEO.

 

4. Promosi blog dengan gratis

Kamu harus ingat bahwa blogwalking juga menjadi ajang promosi blog secara gratis. Apalagi ini membuat kamu bisa mendapatkan backlink yang mempengaruhi dari kualitas SEO optimasi. Promosi yang dilakukan seperti ini tidak membutuhkan biaya yang sangat besar. Nama blog kamu juga akan terus diingat bagi banyak pemilik blog lain bila sering melakukan blogwalking. Pastikan bahwa kamu memiliki nama blog yang unik sehingga memberikan kemudahan bagi orang lain untuk mengingat saat ingin melakukan blogwalking.

 

5 Tips untuk Melakukan Blogwalking

Tentu saja berbagai pilihan dari tips untuk melakukan blogwalking seperti ini bisa diterapkan dengan sangat mudah. Namun, kamu harus ingat bahwa blog yang mendukung blogwalking ini biasanya cukup terbatas. Apalagi pemilik blog lainnya juga akan memperhatikan dan melakukan editing terhadap link yang ditinggalkan. Hal ini akan menjadi pertimbangan penting bagi kamu untuk menentukan tips yang sesuai dengan kebutuhan. Berbagai pilihan tips untuk melakukan blogwalking yang bisa diterapkan dengan sangat mudah seperti:

 

1. Mencari blog dengan niche sama

Ini adalah tips untuk melakukan blogwalking yang paling penting untuk dilakukan. Kamu harus memulai mencari blog dengan niche yang sama seperti blog milik kamu. Cara seperti ini dilakukan agar pemilik blog yang memiliki kolom komentar itu juga melakukan kunjungan balik. Selain itu, metode ini juga akan menghindari kegiatan mencurigakan seperti spamming. Pastikan juga bahwa blog yang kamu pilih memiliki fitur komentar.

 

2. Lihat kondisi blog

Pastikan bahwa kondisi blog dalam keadaan sangat baik. Hal ini berarti bahwa blog itu memiliki tingkat aktif yang sangat baik. Seluruh konten terbaru diposting secara berkala. Bahkan, kualitas blog terbaik juga memberikan keuntungan bagi kamu saat melakukan blogwalking. Biasanya ini mempengaruhi dari optimasi SEO yang dilakukan. Namun, kamu juga harus ingat bahwa beberapa blog dengan konten berkualitas selalu menutup komentar untuk menghindari spamming yang berlebihan. Mungkin kamu juga bisa mempertimbangkan peringkat dari blog ini di search engine untuk kategori tertentu.

 

3. Beri komentar yang sesuai dengan isi konten

Tips ini akan mempengaruhi kunjungan kamu. Pastikan bahwa seluruh komentar yang diberikan pada kolom sudah sesuai dengan isi konten. Kamu harus ingat bahwa pemilik blog memiliki kuasa penuh untuk menghapus komentar yang tidak sesuai dengan isi dari artikel atau konten. Bila pemilik menghapus komentar kamu maka itu akan menjadi kerugian besar. Cobalah untuk membaca secara menyeluruh konten dari blog itu. Lalu tinggalkan komentar dengan bertanya sesuai topik atau memberikan pujian dari kualitas konten yang diberikan. Cara seperti ini juga akan membantu blog kamu juga tampil di bagian komentar.

 

4. Lakukan secara berkala

Sebagian besar dari blogger pemula juga melakukan blogwalking secara berkala. Metode seperti ini dilakukan untuk mendapatkan kunjungan balasan dari pemilik blog lain. Selain itu, tips ini juga akan membuat kamu mendapatkan peningkatan jumlah kunjungan. Hal yang lebih penting adalah nama blog kamu akan semakin dikenal. Mungkin jumlah backlink kamu akan terus bertambah. Namun, kamu harus ingat untuk memilih blog dengan kualitas dan peringkat yang baik di search engine. Cara ini bisa membantu peringkat blog kamu juga di Google.

 

5. Tinggalkan link blog

Tips lain yang sangat penting adalah dengan meninggalkan link blog. Sebagian besar kolom komentar yang ada di halaman pada blog memang memiliki kolom khusus untuk link blog. Manfaatkan kolom itu dengan link dari blog kamu. Ini juga memudahkan pemilik blog untuk melakukan kunjungan balasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.