Tata Cara Membuat Artikel SEO pada Platform Blogger

Kerangka Penulisan Artikel yang Disukai Google

Artikel SEO – Halo teman2 semua, kali ini saya hanya ingin sekedar sharing sedikit tips dalam membuat artikel teman2 lebih disukai mesin pencari dan mudah mendapatkan posisi terbaik demi meningkatkan hasil adsense teman2. Search Engine Optimation atau disingkat dengan SEO tidaklah mudah, terlampau banyak misteri didalam mengoptimalkan SEO tersebut. Teman2 akan mendapatkan racikannya sendiri dengan cara terus mencoba dan pantang menyerah hingga artikel teman2 ada yang nangkring di pejwan dengan keyword yang memang dicari banyak orang.

Dalam hal meningkat ranking artikel kita di Search Engine, teman2 bisa mencoba berbagai macam trik seperti memberikan backlink ke artikel, mengoptimasi konten, blog walking disesama jenis website, sharing di sosial media ataupun teman2 bisa mencoba beriklan dibeberapa platform yang menyediakan layanan advertising. Namun kali ini saya ingin coba berbagi beberapa tips dalam mengoptimasikan konten atau membuat kerangka penulisan artikel yang disukai Google yang pernah saya terapkan pada platform Blogger. Langsung saja ini dia tips nya :

Meningkatkan Ranking SEO

1. Syarat artikel SEO

– Minimal 400 kata dengan 2 paragraf pembuka, isi dan 1 paragraf penutup.

– Lolos Plagiarisme atau Copyscape.

– Layak baca manusia, padat berisi dan tervalidasi.

– No typo.

 

2. Pengaturan penulisan artikel

– Kalimat pertama di paragraf pertama wajib di mulai dengan menuliskan ‘objek’ kemudian ditambahkan tanda strip (-) dan dilanjutkan kata pembuka tanpa ada keyword utama didalamnya. Ex: ‘Sultan Thaha – Pahlawan yang bergelar Sultan Keramat ini adalah seorang bangsawan yang rendah hati dan suka bergaul dengan rakyat biasa.’

– Penempatan keyword utama wajib berada di P1 (namun bukan di kalimat pertama), P2 dan Paragraf penutup. Jika memungkinkan, dapat menambahkan maksimal 2x pengulangan keyword utama ke dalam bagian isi. Nb: Untuk keyword utama maksimal 4 kata.

– LSI atau keyword turunan, terdapat minimal 3 buah LSI yang diposisikan pada P1, P2 dan isi. Nb: Untuk LSI maksimal 5 kata.

– Internal link, pertama link postingan yg sedang dikerjakan disisipkan pada LSI yg ada di P2. Kemudian link internal dari artikel yg sejenis di buat seperti kalimat ajakan ‘Baca Juga : …’ sebanyak 2 buah dan terpisah paragraf.

– Subheading, judul subjek dari pembahasan isi objek harus dijadikan ‘subheading’. Ex: Biografi atau Pusaka Peninggalan

– Media pelengkap, terdapat minimal 2 gambar bebas watermark yg berada di paling atas (sebagai gambar utama) dan di tengah artikel dengan ukuran minimal 800px. Jika memungkinkan, ditambahkan 1 video external dengan sumber/channel terpercaya.

– External link, wajib memiliki minimal 1 external link dari situs2 resmi seperti Wikipedia atau situs pemerintahan dll.

 

3. Pengaturan entri (Blogger)

– Label atau TAG, utk pengisian kolom label cukup memakai 3 unsur ini : posisi ‘menu’, Nama Kota/Daerah, Nama objek. Ex: Sejarah, Jambi, Sultan Thaha

– Permalink, utk permalink harus wajib custom karena permalink harus diisi cukup dengan keyword saja, bukan judul. Ex: domain/2017/09/sejarah-sultan-thaha-jambi

– Search Description, ini wajib diisi seperti meta deskripsi yang terdapat di Yoast SEO. Cukup masukan kalimat pendek yang didalamnya terdapat 1 kalimat keyword utama. Ex: Mengenal sejarah Sultan Thaha seorang pahlawan yang berasal dari negeri Melayu Jambi dengan pusaka andalannya keris Siginjai..

 

Nah itulah beberapa tips yang pernah saya lakukan dalam optimasi artikel pada platform Blogger. Intinya teman2 jangan pernah menyerah dalam mencoba tips2 lainnya yang masih misteri dalam Search Engine Optimation atau SEO hingga teman2 mendapatkan racikan yang pas menurut firasat teman2 sendiri. Sampai disini dulu pembahasan kita, jika ada pertanyaan silahkan hubungi saya di kolom komentar agar kita bisa membuka tabir misteri SEO ini. Assalamu’alaikum wr wb..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.