10 Tips Menjadi Youtuber Sukses dan Kategori Konten Populer

Tips Menjadi Youtuber Sukses

Youtuber saat ini sudah dianggap sebagai profesi yang memberikan nilai keuntungan lebih. Bahkan, kamu juga bisa menjadi youtuber sukses dengan penghasilan yang fantastis setiap bulan. Namun, untuk menjadi youtuber sukses tentu saja membutuhkan berbagai persiapan. Apalagi perhitungan yang diterapkan juga akan melibatkan banyak elemen penting. Misalnya saja kamu harus menentukan kategori konten yang sangat populer dan bisa dinikmati banyak viewers. Semakin banyak jumlah viewers maka akan memberikan pendapatan iklan yang lebih banyak juga. Selain itu, profesi ini juga membutuhkan konsistensi dan komitmen jangka panjang. Kamu bisa mencoba berbagai tips menjadi youtuber sukses.

Rekomendasi Kategori Konten Populer

Untuk menjadi youtuber harus dimulai dengan menentukan kategori konten yang akan dikembangkan. Masing-masing dari pilihan kategori konten memiliki karakteristik viewers yang berbeda. Bahkan, nilai popularitas dari setiap konten akan memberikan pengaruh terhadap penghasilan iklan yang menjadi target kamu. Semakin populer kategori konten untuk Youtube biasanya akan memberikan pengaruh terhadap nilai iklan yang kamu dapatkan. Selain itu, pemilihan kategori konten ini juga harus disesuaikan dengan kemampuan produksi yang kamu miliki. Misalnya saja harus didukung dengan perlengkapan rekam yang baik dan perangkat olah digital berkualitas. Berikut ini ada beberapa pilihan kategori konten yang sangat populer seperti:

 

1. Live gaming

Rekomendasi dari konten yang sangat populer saat ini adalah live gaming. Konten ini memiliki banyak peminat di Indonesia. Apalagi sudah banyak gamers dan streamers dengan jumlah subscriber sangat melimpah. Keuntungan yang dihasilkan dari youtuber ini biasanya berasal dari adsense hingga endorse. Bila kamu memilih kategori ini sebagai pilihan utama cobalah untuk meningkatkan skill permainan dari beberapa game populer seperti Mobile Legends, Free Fire, PUBG dan lainnya.

 

2. Vlogging

Pilihan lain dari kategori konten yang bisa kamu pertimbangkan adalah vlogging. Konten ini menghadirkan cerita setiap hari yang kamu lakukan. Bisa saja kamu melakukan perjalanan wisata di berbagai tempat dan melakukan review tempat-tempat yang menarik. Hal yang paling penting adalah kategori konten seperti ini membutuhkan perlengkapan pendukung yang sangat baik dan bisa digunakan dimanapun.

 

3. Kuliner

Mungkin kamu bisa mencoba untuk membuat konten kuliner. Ada beberapa pilihan konten yang berkaitan dengan kuliner. Misalnya saja kamu mencoba untuk membuat konten review makanan yang sedang viral di sosial media. Selain itu, kamu juga bisa mencoba konten kuliner melalui resep makanan yang dibuat setiap hari.

 

4. Unboxing

Ini merupakan salah satu konten video dengan tingkat popularitas yang sangat baik. Apalagi bila konten unboxing ini melibatkan berbagai perangkat atau peralatan yang membuat viewers semakin penasaran. Misalnya saja kamu mencoba untuk membuat konten unboxing smartphone terbaru.

 

10 Tips Menjadi Youtuber Sukses yang Bisa Dicoba

Ada beberapa pilihan tips menjadi youtuber sukses yang bisa kamu coba dengan mudah. Setiap tips ini bisa diterapkan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Selain itu, tips ini juga akan membantu kamu untuk memaksimalkan optimasi konten video yang ada di Youtube. Hal ini sangat diperlukan untuk memberikan nilai tambah dan penghasilan iklan yang diinginkan. Namun, kamu juga harus ingat bahwa Youtube memiliki kebijakan yang sangat ketat bagi para Youtuber yang ingin mencoba optimasi video. Berikut ini ada 10 tips menjadi youtuber sukses yang bisa dicoba saat ini seperti:

 

1. Buat channel

Tips menjadi youtuber sukses yang pertama kali dilakukan adalah membuat channel. Ini merupakan tips yang paling penting. Kamu harus memiliki akun Google untuk mendapatkan channel Youtube. Pastikan bahwa pada saat membuat channel ini membaca seluruh ketentuan dan peraturan yang dikeluarkan oleh Google. Hal ini akan menghindari kamu dari pelanggaran ketentuan.

 

2. Dukungan perlengkapan

Tentu saja kamu juga harus memiliki perlengkapan yang mendukung. Perlengkapan yang biasanya digunakan seperti kamera khusus dengan kualitas perekaman yang baik. Selain itu, kamu juga akan membutuhkan perangkat komputer atau laptop yang bisa melakukan editing dengan mudah dan cepat. Pastikan bahwa kualitas dari hasil perekaman dari kamera yang digunakan juga bisa disimpan dengan mudah dan memiliki ketahanan yang lebih lama.

 

3. Pilihan kategori

Selanjutnya, kamu bisa menentukan kategori populer untuk setiap konten yang diproduksi. Sebaiknya pilih konten dengan tingkat popularitas yang cukup baik. Selain itu, pilihan kategori ini juga harus disesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki. Apalagi ini juga akan berpengaruh pada seluruh hasil konten video yang diinginkan.

 

4. Konsep video

Terapkan konsep dari setiap konten yang akan diproduksi. Konsep seperti ini biasanya dilakukan melalui tingkat pencarian yang sedang trending atau dengan menghadirkan video yang berbeda dibandingkan channel lainnya. Biasanya konsep video yang unik dan tidak biasa akan selalu mencuri perhatian dengan sangat mudah.

 

5. Kualitas hasil produksi video

Tentu saja ini menjadi hal yang harus diperhitungkan dengan baik. Kualitas hasil video produksi harus sangat baik. Bila perlu kamu bisa menghasilkan kualitas video hingga 4K. Kualitas video ini akan memberikan kenyamanan bagi para viewers untuk melihat hingga akhir. Biasanya kualitas hasil produksi ini dipengaruhi oleh perlengkapan yang digunakan seperti kamera dan hasil editing.

 

6. Dukungan sumber daya

Kamu harus ingat bahwa produksi video untuk Youtube juga membutuhkan sumber daya tambahan. Hal ini dilakukan agar kamu mendapatkan konten dengan jumlah yang banyak dalam waktu yang lebih cepat. Cobalah untuk membuat tim khusus dari produksi konten video Youtube ini. Masing-masing dari anggota tim harus memiliki kemampuan yang baik.

 

7. Melakukan riset

Biasanya beberapa Youtube juga sering melakukan riset untuk mendapatkan ide konten yang menarik dan bertahan lama. Riset ini bisa dilakukan melalui saran yang ada di kolom komentar atau menggunakan tools khusus untuk mendapatkan kata kunci terbaik. Semakin spesifik riset yang kamu lakukan biasanya akan semakin mudah untuk menghasilkan konten video yang menarik.

 

8. Kolaborasi

Cobalah kolaborasi dengan Youtuber lainnya. Cara seperti ini biasanya dilakukan untuk meningkatkan jumlah viewers dan subscriber dalam waktu yang lebih cepat. Namun, kamu juga harus ingat bahwa untuk memilih Youtuber yang memiliki konsep atau ide konten yang sama.

 

9. Promosi

Beberapa Youtuber juga melakukan promosi channel atau video yang telah diposting. Metode seperti ini untuk mendapatkan jumlah viewers yang lebih banyak. Kamu bisa menggunakan tools iklan melalui Google Adwords hingga Facebook Ads. Namun, metode ini membutuhkan tambahan modal dengan nilai tertentu.

 

10. Giveaway

Sebenarnya cara seperti ini sering dilakukan para Youtuber pemula yang ingin mendapatkan jumlah subscriber dan viewers yang lebih banyak. Bila kamu memiliki modal yang lebih besar bisa menerapkan cara ini. Lakukan metode giveaway secara berkala dengan menawarkan banyak pilihan hadiah yang menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.